Ketika beternak kenari apabila burung yang kita pelihara tersebut mengalami kegemukan maka akan ada masalah masalah lain yang dapat terjadi sehingga dapat mengganggu proses beternak. Beberapa masalah yang sering terjadi jika kenari kegemukan adalah tidak mau berkicau, kenari sering malas malas malasan dan tidak mau kawin.

Dengan kondisi kondisi seperti itu apabila kita biarkan terus menerus maka dapat dipastikan usaha beternak kenari yang kita lakukan akan gagal, untuk itu ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengatasi burung kenari apabila mengalami kegemukan, dan berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengatasi burung kenari yang kegemukan.

1. Mengurangi pakan bijian

Biji bijian merupakan makan utama/pokok burung kenari setiap harinya, meskipun begitu apabila kenari mengalami kegemukan maka pakan bijian tersebut harus kita kurangi porsinya atau bahkan harus kita stop untuk sementara waktu sampai berat badan kenari turun. Untuk mengetahui berat badan kenari turun dapat kita lihat dibagian tubuhnya, jika masih terlihat lemak pada kulit tubuhnya maka kenari tersebut belum turun berat badannya, begitupun sebaliknya.

2. Tidak memberinya pakan telur puyuh

Telur puyuh merupakan pakan tambahan wajib yang biasanya diberikan pada kenari setiap 1 Minggu 2 kali, pemberian telur puyuh mempunyai tujuan agar kenari cukup mendapatkan asupan protein. Namun jika kenari yang kita ternak mengalami kegemukan maka pemberian telur puyuh harus kita stop hingga berat badan kenari turun menjadi normal.

3. Memberinya pakan sayur atau buah

Memberi pakan sayur atau buah sangat disarankan untuk mengurangi lemak yang ada pada kenari. Tahukah anda bahwa sebagian peternak bahkan hanya memberikan pakan berupa sayur atau buah saja ketika kenari kegemukan, biasanya yang diberikan adalah buah mentimun.

4. Menjemurnya setiap hari

Pada saat kenari kegemukan maka penjemuran harus kita lakukan setiap hari, disaat menjemur kenari kita juga harus memandikannya juga. Pada umumnya setiap hari kenari biasanya dijemur dipagi hari selama kurang lebih 1 jam, namun disaat kegemukan maka dapat kita tambah menjadi 2-3 jam dan harus dimandikan juga.

Beberapa tips diatas dapat kita lakukan setiap hari dikala kenari mengalami kegemukan, ualangilah langkah langkah diatas hingga lemak yang menempel pada kulit kenari menjadi hilang. Dan jika lemak lemak tersebut sudah hilang maka pemberian pakan harus kita sesuaikan seperti biasanya. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.