Membeli mobil bekas adalah pilihan populer bagi mereka yang mencari model mobil langka atau bagi mereka yang memiliki anggaran ketat. Jika Anda memutuskan untuk membeli sendiri, Anda harus siap untuk bernegosiasi. Jika tidak, penjual pribadi atau dealer mobil mungkin membujuk Anda untuk membayar lebih dari yang seharusnya.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli mobil bekas, ada banyak cara untuk mempersiapkan diri ketika membicarakan harga kendaraan dengan penjual. Dalam artikel ini, kami memberi Anda beberapa kiat tentang cara bernegosiasi dengan dealer mobil atau penjual pribadi saat membeli mobil bekas.

Tips Cara Bernegosiasi Saat Membeli Mobil Bekas

  • 1. Lakukan penelitian Anda

Pengetahuan adalah kekuatan. Bahkan sebelum Anda bertemu dengan penjual mobil, Anda harus sudah mengetahui model mobil dan spesifikasi yang Anda inginkan, termasuk harganya saat ini di pasar mobil bekas. Dengan cara ini, penjual mobil akan cepat menyadari bahwa Anda tahu banyak tentang mobil dan mereka mungkin berpikir dua kali sebelum meminta harga yang jauh lebih tinggi daripada mobil apa yang benar-benar berharga.

Untuk meneliti tentang berapa banyak mobil yang dijual saat ini, cukup periksa Internet. Ada banyak situs web dan forum yang didedikasikan untuk pasar mobil bekas dan menawarkan informasi tentang berbagai merek dan model mobil. Situs web ini juga dapat memberikan kiat bermanfaat untuk membeli mobil bekas, cara memeriksa mobil bekas atau cara pembeli lain berhasil bernegosiasi dengan penjual.

Beberapa dealer mobil besar juga memiliki situs web jual motor listrik sendiri secara online di mana mereka mendaftarkan mobil-mobil yang mereka jual. Pastikan untuk memeriksa situs web mereka untuk mendapatkan gambaran tentang berapa harga pembuatan dan model tertentu.

Jika Anda memiliki anggota keluarga, kolega atau teman yang memiliki pengetahuan tentang mobil, cobalah untuk mencari saran mereka juga. Anda dapat mengambil beberapa tips bermanfaat dari mereka atau mengarah ke tempat Anda dapat membeli mobil bekas. Ingat, luangkan waktu Anda untuk melakukan riset karena apa pun yang Anda pelajari dapat membantu Anda membuat keputusan yang baik ketika membeli mobil bekas.

  • 2. Tetapkan harga Anda

Setelah Anda melakukan penelitian tentang berapa banyak biaya mobil bekas, Anda sekarang dapat mengatur anggaran Anda. Tentukan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk mobil dan harga ini dalam pikiran ketika Anda bernegosiasi dengan penjual. Mulai negosiasi dengan harga rendah tetapi masuk akal. Kemudian, tawar-menawar dengan cara Anda ke jumlah yang sesuai untuk Anda dan penjual. Setelah Anda berdua menyetujui harga, letakkan di kertas. Jika ada masalah yang timbul sehubungan dengan kesepakatan, Anda memiliki kontrak yang ditandatangani.

  • 3. Bicaralah dengan sejumlah penjual mobil

Ada banyak penjual mobil yang ingin menjual mobil kepada Anda. Jelajahi pasar mobil bekas, bicaralah dengan sejumlah dealer dan penjual mobil, dan lihat siapa yang dapat memberi Anda harga terbaik. Setelah Anda berbicara dengan penjual ini, bandingkan penawaran mereka dan pilih yang paling sesuai dengan anggaran Anda.

Juga, ketika penjual mobil mengetahui bahwa mereka bukan satu-satunya yang bernegosiasi dengan Anda, mereka mungkin lebih bersedia mempertimbangkan harga yang Anda minta karena mereka tidak ingin kehilangan Anda sebagai pelanggan.

  • 4. Jangan tunjukkan ‘tombol panas’ Anda

Ketika Anda bertemu dengan penjual mobil, jangan tunjukkan bahwa Anda bersemangat dan siap untuk membeli mobil. Jika tidak, mereka dapat dengan mudah menaikkan harganya karena mereka tahu bahwa Anda sudah memiliki uang dan tidak sabar untuk memilikinya!

Saat bertemu dengan penjual, tetap tenang, tetap tenang dan jangan berikan petunjuk bahwa Anda siap membeli mobil bekas. Biarkan mereka mendiskusikan dulu apa spesifikasinya dan jika mereka memutuskan untuk berbicara tentang mobil lain, biarkan mereka. Ini akan menunjukkan penjual mobil bahwa Anda tidak hanya mengamati satu model tertentu dan mereka tidak akan menaikkan harganya.

  • 5. Sudah diperiksa oleh mekanik independen

Ada beberapa penjual mobil yang akan melakukan apa saja untuk menjual mobil bekas, bahkan jika itu berarti memalsukan laporan kendaraan. Jadi, sebaiknya Anda selalu memiliki montir independen untuk memeriksa mobil sebelum Anda membelinya.

Minta mekanik memeriksa apakah mesin, interior, dan eksterior semuanya dalam kondisi baik. Kemudian periksa silang laporannya dengan yang dimiliki penjual mobil. Dengan cara ini, Anda juga akan tahu jika dealer dapat dipercaya.

  • 6. Berikan ultimatum

Selalu ingat bahwa Anda adalah pelanggan, dan Anda tidak boleh membiarkan penjual mobil menekan Anda agar segera membeli mobil bekas. Anda harus selalu meminta mereka beberapa waktu untuk memikirkannya.

Untuk harga, Anda harus menetapkan jumlah yang merupakan harga akhir yang bersedia Anda bayarkan. Jadikan itu ultimatum Anda dan jika penjual mobil tidak setuju dengan harganya, maka lanjutkan. Ingat bahwa Anda selalu dapat menemukan mobil bekas lain yang Anda inginkan atau penjual lain yang dapat menjual mobil kepada Anda dengan harga yang Anda mampu.

  • 7. Bersiaplah untuk berjalan pergi

Selama proses pembelian mobil bekas, Anda mungkin menemukan bahwa Anda dan penjual memiliki ketidaksepakatan tentang harga yang tidak dapat Anda selesaikan. Perlu diingat bahwa mobil bekas yang Anda inginkan bukan satu-satunya kendaraan di dunia. Ada banyak mobil dan dealer mobil lain yang dapat Anda ajak bicara dan siapa yang dapat memberi Anda tarif terbaik yang sesuai dengan anggaran Anda.