Indonesia tidak hanya kaya akan aneka jenis kopi yang memiliki harga hingga jutaan per kilonya namun juga teh. Ada banyak teh yang dihasilkan di Indonesia dari perkebunan teh yang ada di Indonesia sehingga menghasilkan teh yang memiliki aroma yang khas yang sudah banyak diekspor ke luar negeri.

 

Berikut adalah jenis teh Indonesia yang harus diketahui oleh para pecinta teh khususnya dari Indonesia.

 

Pertama adalah oolong tea. Teh oolong ini bagi sebagian orang di Indonesia kurang begitu diminati jika dibandingkan dengan teh hijau yang memiliki khasiat yang salah satunya adalah ampuh untuk menurunkan berat badan. Teh oolong ini berasal dari Sumatra dan Jawa Barat yang pengelolaannya mengacu pada oolong Taiwan.

 

Daun teh yang sudah dipetik akan dijemur sebentar kemudian nantinya akan dicabik sehingga bisa mengeluarkan enzim reaktif yang akan bercampur dengan udara sehingga terjadi oksidasi.

 

Jenis teh asli dari Indonesia ini paling nikmat jika diseduh dengan air bersuhu 80-85oC.

 

Kedua adalah Indonesia Genmaicha. Teh ini dihasilkan di daerah Ciwidey, Jawa Barat dan berbeda dari jenis teh yang lainnya.

Ragam Jenis Teh Indonesia yang Wajib Diketahui Pecinta Teh

 

Pembuatan teh ini mengacu pada pembuatan teh tradisional milik Jepang.

 

Teh paling enak asli Indonesia ini adalah teh hijau yang dicampur dengan menggunakan beras saat proses pembuatannya.

 

Sehingga hasil teh yang bisa dirasakan dan dicium aromanya adalah memiliki aroma beras yang telah di sangrai dan rasanya khas namun tidak menghilangkan rasa teh hijau.

 

Teh jenis ini paling enak diseduh dengan air bersuhu 75-80oC.

 

Jenis teh lainnya yang berasal dari Indonesia adalah :

 

  • Gunpowder green tea dari Jawa Barat. Teh ini memiliki bentuk seperti peluru dan berwarna hijau tua yang memiliki aroma yang khas. Teh dengan cita rasa terbaik jika diseduh dengan air bersuhu 70-75oC ini cocok untuk ditambahkan dengan gula batu dan daun mint yang segar.
  • Oriental Java Jasmine Tea dari jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Teh yang dibuat dari penggabungan teh hijau dan melati ini paling enak diseduh dengan air bersuhu 75-80oC.
  • Silver needles white tea dari Jawa Barat yang merupakan teh putih dari pucuk daun teh yang dibuat tanpa proses oksidasi dan memiliki karakter ringan yang menyegarkan. Teh yang kaya kandungan antioksidan ini bisa diseduh dengan hasil yang nikmat di suhu 70-75oC.

 

Selain itu, ada juga Sariwangi sebagai salah satu produk asli Indonesia yang menghasilkan teh terbaik milik Indonesia. Teh Indonesia ini terbuat dari daun teh yang berkualitas yang diproses dengan alami tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna sehingga memiliki aroma yang khas, warna dan rasa yang membedakan dengan teh yang lainnya.

 

Ragam Jenis Teh Indonesia yang Wajib Diketahui Pecinta TehSariwangi tidak hanya menyediakan teh hitam namun juga teh hijau dan melati yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.