Apakah Anda penasaran bagaimana teknologi cloud computing pertama kali diperkenalkan di Indonesia hingga bisa berkembang seperti saat ini? Ya, teknologi cloud computing tidak begitu saja hadir di Indonesia, melainkan ada sejarah panjang dibaliknya.Anda bisa mengetahui sejarah cloud Indonesia sebagai berikut.

Sejarah Perkembangan Cloud Computing di Indonesia

Perkembangan cloud computing di Indonesia tidak bisa lepas dari perkembangan cloud secara global. Menegok sejarahnya, ide awal mengenai sistem computing yang disatukan dalam jaringan global dicetuskan oleh J.C.R. Licklider pada tahun 1960-an. Seiring dengan perkembangan situs web dan internet, sistem komputasi awan ini mulai berkembang. Terlebih ketika ada peningkatan kapasitas bandwidth, internet semakin luas berkembang sehingga mendukung perkembangan teknologi cloud.

Teknologi cloud mulai diimplementasikan untuk bisnis perusahaan pada tahun 1999. Perusahaan dengan nama salesforce.com menjadi perusahaan pertama yang berbasis internet. Selanjutnya, perusahaan besar lain mulai mengikuti langkah yang sama seperti Amazon dan Google. Perkembangan perusahaan-perusahaan raksasa tersebut terbilang sangat pesat secara global, termasuk ke Indonesia.Akhirnya, perusahaan di Indonesia mulai diperkenalkan dengan teknologi komputasi awan hingga berkembang seperti saat ini.

Perkembangan Cloud Computing Saat Ini

Saat ini, banyak perusahaan bahkan institusi pemerintahan sudah menggunakan basis internet untuk melaksanakan berbagai urusan, seperti urusan perekrutan karyawan.Selain itu, urusan perusahaan juga terkadang mendadak dan tidak mengenal waktu, sehingga data perusahaan harus bisa diakses kapanpun dan dimanapun.Hal ini membuat perusahaan harus bisa online selama 24 jam.Kebutuhan inilah yang kemudian membuat perusahaan dan institusi mulai bergantung pada teknologi cloud.

Menurut data International Data Corporation (IDC), industri pasar cloud di Indonesia telah mengalami rata-rata pertumbuhan hingga mencapai angka di kisaran 22-36% per tahun. Jika pada tahun 2015 angkanya mencapai 230 juta dollar AS, maka ditahun 2017 bisa mencapai angka 378 juta dollar AS.

Meskipun angka pertumbuhan ini sudah terbilang signifikan, namun pasar cloud di Indonesia masih terbilang lambat dibandingkan pasar luar negeri. Tentunya, sangat diperlukan peningkatan kesadaran akan pentingnya transformasi digital menuju teknologi cloud bagi para pelaku usaha. Dengan demikian, pasar bisnis di Indonesia akan lebih berkembang di tahun berikutnya.