DiIndinesia makanan pedas memang banyak yang menyukainya dan bahkan jika makan gorengan ada yang mengatakan harus ada cabai, karena antara gorengan dan cabai bisa dikatakan sebagai pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Memang lezat dirasakan ketika makan gorengan dan cabai, namun dibalik lezatnya tersebut ternyata terlalu sering makan pedas juga berbahaya untuk kesehatan, namun juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Dan berikut manfaat dan bahaya makan makanan pedas.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Salah satu sumber rasa pedas adalah cabai, cabai sendiri merupakan salah satu sayur/makanan yang mengandung banyak vitamin A dan C, serta zat anti oksidan. Kandungan kandungan tersebut sangat berguna untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai virus maupun bakteri yang merugikan.

2. Sebagai Anti Kanker

Penelitian mengungkapkan bahwa kandungan zat Capsaicin yang ada pada cabai dapat berfungsi untuk menghambat dan bahkan membasmi sel-sel kanker yang akan menyerang tubuh. Untuk

3. Meredakan Flu Dan Hidung Tersumbat

Kandungan yang ada pada cabai yaitu capsaicin dapat membantu memperlancar jalan pernafasan, dengan begitu dapat meredakan hidung tersumbat. Zat ini juga efektif untuk mengurangi gejala flu dan juga sinusitis.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Makan makanan pedas terbukti ampuh melancarkan sistem pencernaan, hal ini sangat berguna ketika kita sedang makan makanan yang berlemak seperti daging atau makanan berlemak lainnya. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir susah untuk buang air besar.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Cabai mempunyai kandungan yang berguna dalam melancarkan peredaran darah, dengan lancarnya peredaran darah tentu saja dapat membuat tubuh kita semakin sehat.

Makan makanan pedas sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun dibalik itu semua ternyata makan makan pedas juga berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan seperti maag akut, mulas, insomnia, refluks asam, dan nyeri perut. Bagitu banyak manfaat makan pedas untuk kesehatan tubuh, namun kita harus mengkonsumsinya secara wajar agar tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh. Cukup sekian semoga bermanfaat..