Saat kamu kuliah adalah yang namanya IPK, nilai yang diberikan oleh kampus untuk menjadi cerminan dari pikiran si mahasiswa. Namun jangan menjadi IPK sebagi harga mati dalam kuliah, hanya karena IPK ada yang sampai menggunakan cara –cara ”pintas” hanya untuk IPK nya bagus seperti saat ulangan ada yang mencontek atau membawa contekan. IPK bukan satu–satunya cara yang dapat membuatmu bertahan setelah lulus nanti, jika mahasiswa hanya mengandalkan IPK , saya tidak yakin saat lulus mahasiswa tersebut bisa bertahan kecuali jika mahasiswa tersebut “titip” ke perusahaan yang dikenal orangtuanya. Kamu akan tahu bahwa IPK bukanlah harga mati, dengan 3 hal ini kamu yang masih mahasiswa akan mengerti bahwa inilah “harga mati” saat kamu kuliah.

Hal pertama, bergabung dan mengikuti komunitas yang akan mengajakmu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, seperti komunitas pengusaha muda atau komunitas lain yang berpotensi membawamu ”terbang” lebih tinggi. Saat anda bergabung di komunitas bisnis dan anda tertarik ingin menjadi pengusaha konveksi polo shirt Jakarta misalnya, tidak masalah selagi kamu menekuni hal itu. Dengan bergabung dengan komunitas kamu akan mendapatkan lebih dari sekedar ilmu bahkan kamu akan mendapatkan relasi baru yang malah dapat menjadi partner mu dalam membangun usaha,

Hal kedua, meningkatkan skill baik hard skill maupun soft skill. Lengkapi dirimu dengan kedua hal tersebut agar kamu tidak hanya mengandalkan IPK sebagai “harga mati” dalam lulus kuliah nanti. Dengan memiliki skill kamu akan lebih bersemangat dalam meraih kesuksesanmu. Hal ketiga, membuat project saat masih mahasiswa, entah itu project bisnis seperti membuat konveksi polo shirt jakarta atau project digital yang nantinya dapat menjadi sebuah Perusahaan digital seperti yang sekarang kamu nikmati layanannya di Internet. Dengan begitu kamu akan ditempa menjadi pribadi yang bisa menghargai setiap proses dalam membangun sebuah usaha Itulah ketiga hal yang dapat menjadi”harga mati” selain IPK saat menjadi mahasiswa. Dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah Sang Maha Pencipta untuk kelancaran setiap usaha anda.