Air limbah yang dihasilkan oleh kegiatan kegiatan medis juga tidak kalah berbahayanya dengan air limbah yang dihasilkan oleh kegiatan domestik, industri maupun pertanian, bahkan di dalam pengolahan air limbah medis harus sangat terinci mengingat banyaknya campuran obat obatan yang terbuang.`Sekarang ini sudah banyak perusahaan perusahaan yang menyediakan pelayanan pembuatan IPAL dengan berbagai jenis dan kebutuhan termasuk Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Medis. Instalasi yang di pasang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan air limbah jenis apa yang akan dialirkan ke dalam IPAL. Tentunya jika jenis air limbah berbeda maka pengolahan dan perlakuannya juga akan berbeda.

IPAL Medis

Limbah medis adalah sisa dari hasil kegiatan medis baik itu dari rumah sakit, puskesmas, apotik dan tempat sejenisnya yang pasti mengandung zat zat kimia berbahaya bahkan bisa menularkan penyakit  karena limbah medis sangat bersangkutan dengan pasien dan penyakit. Limbah dari obat obatan dan campuran campuran kimia lainnya yang dibuang begitu saja sangat berbahaya, karena limbah medis ini sangat memerlukan penanganan khusus.

Air limbah yang dihasilkan oleh kegiatan medis kurang lebih mengandung 15% limbah infeksius yang mengandung bahan beracun berbahaya (B3).  Limbah infeksius adalah limbah yang berkaitan dengan penyakit menular dari pasien yang mempunyai penyakit menular termasuk di dalamnya adalah limbah laboratorium. Dalam mengolah limbah ini diharuskan menggunakan wadah khusus dan dipisahkan dengan pengolahan limbah lainnya karena kerentanannya dalam penularan penyakit baik itu terhadap masyarakat sekitar, pengurus rumah sakit ataupun pasien lainnya yang ada di rumah sakit tersebut.

Dengan banyaknya dampak negatif yang akan timbul dari air limbah medis maka berikut manfaat dari Instalasi Pengolahan Air Limbah Medis :

  1. Karyawan rumah sakit, puskesmas, klinik dan atau sejenisnya terhindar dari penyakit yang akan ditimbulkan oleh air limbah medis
  2. Tempat dilakukannya kegiatan medis akan menjadi lebih sehat dan aman dari penyakit khususnya penyakit menular bagi setiap orang yang ada di lingkungan tersebut
  3. Air yang dialirkan ke sungai atau ke penyaluran air umum lainnya tidak akan membunuh biota air yang terdapat di dalamnya

Membantu menyukseskan program pemerintah dalam hal penanganan air limbah untuk mewujudkan lingkungan menjadi lebih sehat.