kostum badut karakter tiara maskotBahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kostum badut maskot tidaklah main-main, perlu tenaga khusus juga untuk membuat kostumnya, oleh karena itu cara merawat kostum badut maskot juga tidak sembarangan, butuh ketelitian dan ketelatenan untuk merawat kostum maskot tersebut. Pada bagian-bagian seperti bagian baju dan celana, anda bisa mencucinya khusus seperti pencucian boneka pada dasarnya, namun alangkah baiknya anda memperhatikan beberapa bagian yang biasanya rawan kotor misalny bagian kepala atau beberapa bagian yang menyatu dengan busa atau spons dan bagian baju luar yang terpisah misalnya sarung tangan.

Alat-alat yang diguakan untuk merawat kostum badut maskot,

  1. Sabun Detergent
  2. Sikat gigi atau sikat yang halus
  3. Handuk
  4. Spons atau Busa

Cara-cara merawat kostum badut maskot,

  1. Campurkan detergent dengan air
  2. Basahi bagian kostum badut yang akan dibersihkan dengan air yang sudah dicampur detergent, kemudian usap atau sikat dengan lembut dan hati-hati pada noda atau bagian tertentu yang kotor.
  3. Bilas ketika sudah dibersihkan menggunakan air bersih
  4. Keringkan bagian tersebut, anda bisa menggunakan hairdrayer atau dikeringkan dengan bantuan sinar matahari.

Untuk merawat bagian yang terpisah, anda bisa langsung mencucinya menggunakan mesin cuci misalnya sarung tangan, topeng bagian kepala, dan lain-lain. Selain dalam pencucian, baiknya anda memiliki tempat atau lemari khusus untuk kostum badut maskot sehingga kostum tidak bercampur dengan baju lainnya. Penggunaan kostum badut maskot yang sebentar saja sebenarnya tidak diwajibkan untuk langsung dicuci, anda bisa menjemurnya saja untuk menghilangkan bau. Pencucian yang terlalu sering pada kostum maskot malahan akan merusak kostumnya. Cara merawat kostum maskot ini sangat mudah, anda hanya menggunakan bahan dan alat yang sederhana yang pasti anda miliki di rumah masing-masing.

Kostum maskot biasanya digunakan di acara-acara dan event tertentu misalnya pada acara ulang tahun, media promosi, acara reuni, family gathering, dan sebagainya. Demikianlah informasi mengenai cara merawat kostum maskot, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!