Lintah adalah hewan pemakan darah yang dapat ditemukan di rawa ataupun disungai sungai, hewan yang satu ini kerap menghisap darah hewan ternak sehingga sering dianggap parasit oleh banyak orang. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa lintah ternyata memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, sehingga kandunganya tersebut sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Salah satu kandungan yang kerap kali digunakan untuk terapi dibidang medis adalah zat hirudin, karena zat ini dapat melancarkan peredaran darah pada pembuluh kapiler.

Dan untuk saat ini keberadaan hewan yang satu ini mulai dikenal karena kandungan bermanfaat yang dimilikinya, maka dari itu sekarang sudah banyak yang membudidayakan lintah. Selain kandungan minyak lintah yang begitu bermanfaat, ternyata beternak lintah juga bisa memberikan sebuah keuntungan yang menggiurkan dibanding beternak hewan lain. Ada beberapa alasan mendasar kenapa beternak lintah itu dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan. Dan langsung saja, berikut alasan mendasar kenapa beternak hewan ini dapat menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

1.. Mudah diternak

Lintah adalah salah satu hewan yang mudah untuk diternak, sebagian peternak bahkan mengatakan hewan lintah sulit untuk mati meskipun hidupnya dipindah pindahkan. Berbeda dengan hewan air yang lain yang mudah mati jika dipindah pindah tempat. Selain itu lintah juga mampu bertahan hidup dalam suhu air yang ekstrem, dan dia juga dapat bertahan tanpa makan hingga berbulan bulan lamanya.

2. Modal kecil

Bayangkan saja jika anda beternak sapi atau ayam pedagang yang membutuhkan tempat luas serta biaya yang besar. Berbeda dengan beternak lintah, beternak hewan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga biaya yang besar. Seperti yang kita ketahui bahwa ukuran lintah hanyalah kecil, dan tempat dengan ukuran 1 meter persegi saja bisa diisi dengan 800 ekor lintah. Selain itu harga lintah juga relatif murah, jadi tidak membutuhkan modal yang besar apabila bila kita beternak hewan tersebut.

3. Pakan yang sedikit

Hal ini merupakan salah satu kelebihan dalam membudidayakan lintah, yaitu tidak memerlukan pakan dalam jumlah yang besar. Berbeda dengan beternak bebek ataupun ayam yang membutuhkan pakan dalam jumlah besar setiap harinya. Selain itu pemberian pakan pada lintah yang diternak juga tidak setiap hari, kita hanya perlu memberinya pakan setiap 2 Minggu sekali. Dengan kelebihan kelebihan diatas tentunya dapat meminimalisir modal usaha ternak yang kita jalankan.

4. Perkembangannya cepat

Lintah adalah hewan hermafrodit atau berkelamin ganda, dia dapat dengan mudah berkembang biak. Dan jika sudah mencapai umur produksi maka dia akan mulai bertelur, dan jika sudah menetas maka dia bisa menghasilkan anakan sekitar 12 ekor anak lintah. Coba hitung saja jika kita membudidayakanya 2000 ekor indukan lintah, tentu saja pasti anakan yang dihasilkan dari induk lintah tersebut sangat banyak. Untuk itulah beternak lintah dapat menghasilkan banyak keuntungan dari anakan lintah yang dihasilkannya.

Perlu anda ketahui bahwa saat ini kebutuhan lintah untuk keperluan terapi serta keperluan industri pembuatan kosmetik sangatlah besar, dan jumlah peternak hewan ini masih sedikit. Maka dari itu beternak lintah bisa dibilang sebagai salah satu usaha yang cukup menjanjikan keuntungan yang besar.