Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Rumah termasuk dalam 3 kebutuhan pokok yang dibutuhkan manusia selain sandang dan pangan. Sebagai tempat bernaung, rumah sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu keinginan tiap keluarga. Bagi Anda yang akhirnya memiliki anggaran untuk membeli rumah, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah pertimbangan pilih bangun rumah atau membeli rumah yang sudah ada. Ada beberapa pertimbangan yang dapat Anda jadikan sebagai bahan untuk memutuskan sebaiknya memilih membeli atau membangun rumah sendiri. Nah, bahan pertimbangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Bangun Rumah Impian atau Membeli Rumah Cluster? Pertimbangkan Hal Berikut

  • Keamanan

Faktor keamanan tentunya menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam bangun rumah sendiri. Bagi Anda yang tidak mau repot, membeli rumah jadi mungkin akan sangat memudahkan terutama jia Anda membeli dari pengembang dalam bentuk cluster. Mengapa? Hal ini karena pengembang biasanya akan memberikan fasilitas yang lengkap. Dalam kompleks cluster biasnya dilengkapi dengan beberapa fasilitas publik pendukung termasuk pintu gerbang yang dijaga oleh satpam sehingga keamanan dapat terjamin. Walaupun demikian, bukan berarti rumah yang Anda bangun sendiri tidak lebih aman dibandingkan dengan perumahan. Hal ini karena kejahatan sebenarnya dapat terjadi di mana saja. Jika Anda pandai memilih lokasi lahan yang akan dibangun, Anda tetap dapat memiliki rumah aman walaupun tidak dalam kompleks perumahan atau cluster yang dikelola pengembang.

  • Desain rumah

Hal yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya dalam bangun rumah atau membeli rumah adalah masalah desain. Bagi Anda yang ingin rumah dengan desain unik, membangun sendiri rumah Anda akan menjadi pilihan yang lebih tepat, mengapa? Hal ini karena ruah dalam cluster atau perumahan biasanya memiliki tipe yang seragam. Bagi Anda yang ingin model berbeda, Anda harus menyediakan dana ekstra untuk mengubah bentuk rumah sesuai dengan yang Anda inginkan. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah pemborosan. Jadi, jika Anda ingin memiliki rumah yang seusia dengan desain Anda sendiri, akan lebih baik untuk memilih membangun rumah sendiri dari nol agar hasil yang didapatkan lebih memuaskan.

  • Halaman rumah

Jika Anda memutuskan membeli rumah dari cluster, biasanya Anda tidak akan mendapatkan halaman rumah yang lebar terutama jika Anda membeli rumah dengan tipe menengah. Desain taman pun akan sulit dikembangkan jika tidak memiliki anggaran yang cukup karena sudah didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan gaya atau desain perumahan yang cenderung seragam. Bagi Anda yang bangun rumah sendiri, Anda akan merasakan membangun rumah dengan mudah dan fleksibel. Anda bisa membangun taman dari awal sesuai dengan yang Anda inginkan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan desain taman yang tidak memuaskan. Jika anggaran Anda mencukupi, Anda akan mendapatkan hasil desain halaman rumah yang sesuai dengan harapan.

 

Baik memutuskan untuk membeli rumah dalam bentuk jadi melalui pengembang ataupun membangun sendiri rumah dapat Anda lakukan sesuai dengan preferensi. Jika Anda memutuskan untuk membangun sendiri rumah Anda, jangan lupa untuk merencanakannya dengan baik.  Bagi Anda yang ingin membeli rumah cluster atau bangun rumah, sangat penting untuk memikirkan dengan matang bahan pertimbangan yang ada agar Anda tidak salah pilih dalam memutuskan desain dan berbagai hal lainnya. Tentunya, hal ini karena membangun sebuah rumah membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika Anda tidak berhati-hati, bisa jadi pembangunan rumah Anda dapat terhambat.