cruellegaceyproductions.com – Sepur Kluthuk Jaladara – Tahukah anda keunikan kota Solo? Salah satunya adalah kereta uap Jaladara. Kereta dalam bahasa Jawa disebut “Sepur”. Sementara “Kluthuk” berarti kuno. Karena itu, masyarakat kota Solo lebih akrab memanggil kereta uap Jaladara dengan nama Sepur Kluthuk Jaladara.

Sepur Kluthuk Jaladara

Sepur Kluthuk Jaladara merupakan salah satu terobosan pemerintah kota Solo untuk menarik perhatian wisatawan. Sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Solo.

Sepur Kluthuk Jaladara diluncurkan pada tanggal 27 September 2009. Kereta ini dibuat di Jerman pada tahun 1896 dengan gerbong terbuat dari kayu. Dalam satu rangkaian kereta uap Jaladara, terdiri dari satu lokomotif dengan model C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan model TR 16 dan TR 144.

Pada saat peresmiannya, dihadiri oleh menteri transportasi, Jusman Syafi’i Djamal bersama dengan Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo, Joko Widodo (sekarang dia presiden) di Loji Gandrung (rumah dinas Walikota Solo).

Kereta ini menggunakan bahan bakar dari kayu jati dan masing-masing menempuh jarak sekitar 3 meter kubik kayu. Cukup besar biaya yang harus dikeluarkan untuk ukuran transportasi massal. Namun, karena tujuan wisata ini, tidak ada salahnya memberi pengalaman kepada pengunjung sendiri, yakni menaiki kereta model lama yang begitu klasik.

Sepur Kluthuk Jaladara

Rute yang dilalui oleh Sepur Kluthuk Jaladara adalah dari stasiun kereta Purwosari ke stasiun kereta kota Sangkrah yang berjarak sekitar 5,6 kilometer melalui jalan-jalan Slamet Riyadi.

Selama perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara, juga akan berhenti di beberapa tempat wisata di kota Solo seperti istana, Kampung Laweyan, Ngapeman, Loji Gandrung, Gladak, Pon pasar, dan lain-lain.

Jadi pertanyaannya adalah bagaimana ongkos tiket Sepur Kluthuk Jaladara? Tarif kereta uap Jaladara bisa cukup mahal. Untuk naik, hal lain tidak bisa dilakukan secara individu. Namun, harus dipesan rombongan.

Sepur Kluthuk Jaladara bisa membawa hingga 80 penumpang dengan biaya Rp 3.250.000. Biaya ini digunakan untuk membayar bahan bakar berupa kayu jati lima meter kubik, 3 masinis, dan 3 asisten masinis yang mengoperasikan kereta. Untuk menikmati paket layanan ini, ongkos perjalanan pulang bolak-balik biaya yang dibebankan sebesar Rp 360.000 per orang (paket 25 penumpang), Rp 290.000 (paket 35 penumpang), dan Rp 150.000 (paket 80 penumpang).

Dengan demikian, melirik informasi tentang Sepur Kluthuk Jaladara. Apakah anda tertarik untuk menumpanginya? Nikmati perjalanan yang menyenangkan.