Rimpang Atau dalam bahasa latin sering disebut dengan Rhizoma adalah tanaman yang sering dinamakan dengan temu-temuan, tanaman ini masuk dalam famili Zingiberaceae, dimana yang mempunyai umbi didalam tanah. Diindinesia sendiri banyak sekali tanaman rimpang yang mudah kita temui, baik yang masih tumbuh ataupun yang umbinya sudah diambil dan dijual belikan.

Beberapa contoh tanaman rimpang yang umbinya sering dijual belikan antara lain: temulawak, kunyit, jahe, kencur, temu Ireng, lengkuas, dan masih banyak lagi. Sebagian besar semua tanaman tanaman rimpang tersebut umbinya mengatakan mengandung Pati, resin, pigmen, gula, resin, mineral, lemak, serta beberapa senyawa metabolik beserta minyak Atsiri. Dan berikut beberapa contoh tanaman rimpang atau Rhizoma beserta kegunaannya.

1. Temulawak

Temulawak atau sering disebut dengan Curcuma xhantorrizza merupakan salah satu tanaman rimpang yang banyak kegunaannya. Umbi dari tanaman ini sering dijadikan bahan untuk campuran pembuatan jamu, dan beberapa produk minyak wangi karena kandungan minyak Atsiri yang dihasilkannya.

Temulawak juga sering dimanfaatkan untuk merawat kulit, dan saat ini sering dijadikan bahan pembuatan komsetik perawatan tubuh seperti sabun temulawak. Dan untuk kesehatan temulawak dipercaya berguna untuk meredakan radang sendi, memelihara Fungsi hati, menstabilkan lemak darah, mencegah kanker, mengatasi masalah pencernaan, dan mencegah resiko pada gangguan empedu.

2. Kunyit

Kunyit dalam bahasa linting disebut Curcuma domestica Val. Kunyit merupakan salah satu tanaman rimpang yang berasal dari asia tenggara. Rimpang yang umbinya berwarna kuning ini kerap kali dimanfaatkan untuk pewarna makanan alami. Selain itu ternyata kunyit juga memiliki khasiat untuk kesehatan, diantaranya untuk mengobati diarea, masuk angin, membantu mengobati tifus, disentri, meringankan nyeri saat haid, mengatasi keputihan dan amandel.

3. Kencur

Kencur atau Kaempferia galanga Linn merupakan tanaman rimpang yang kaya akan kandungan minyak Atsiri serta alkaloid. Tanaman yang satu ini sama seperti tanaman rimpang lainnya, yaitu dapat tumbuh subur di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Umbinya juga sering digunakan untuk campuran bumbu masakan, selain itu ternyata kecur juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk obat sakit kepala, obat batuk, membantu mengeluarkan dahak, membantu mengobati masuk angin dan flu biasa, mengobati diare dan sering digunakan juga untuk obat keseleo.

4. Jahe

Zingiber officinale merupakan nama latin dari jahe, ciri khas umbi dari tanaman rimpang yang satu ini memiliki bentuk seperti jemari. Umbi dari tanaman yang satu ini memiliki rasa pedas, dia sering dimanfaatkan untuk pembuatan minuman. Selain terasanya yang enak jahe juga memiliki sifat hangat, untuk itu sering dijadikan minuman.

Dan ternyata selain berguna untuk campuran minuman ternyata jahe juga memiliki khasiat lho untuk kesehatan. Dan berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan, mengobati sakit kepala, mengobati perut kembung, melancarkan pencernaan, mengatasi mual, nambah nafsu makan, menurunkan kolestrol, meringankan pegal pegal dan masih banyak lagi manfaat dari jahe.

5. Lengkuas/Laos

Lengkuas atau nama latinnya Alpinia galanga salah satu tanaman rimpang yang umbinya memiliki aroma yang khas, hampir semua masakan sering mengunakan lengkuas sebagai pengedap aromanya. Selain berguna untuk campuran bumbu masakan ternyata lengkuas berkhasiat meredakan berbagai gangguan kesehatan, diantaranya adalah anti bakteri, menambah nafsu makan, menghangatkan tubuh, membantu mengeluarkan dahak, meredakan perut kembung dan berguna mengobati jamur pada kulit (panu, kandas, kurap).